No title

Chat baru buatkan soal pilihan ganda sebanyak 25 nomor kelas xii materi surat lamaran,teks editorial,dan teks cerita sejarah,lengkap dengan kisi-kisi soal beserta jawaban soal KISI-KISI DAN SOAL PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA KELAS XII KISI-KISI SOAL No Materi Indikator No Soal 1 Surat Lamaran Mengidentifikasi struktur surat lamaran 1, 2 2 Surat Lamaran Menentukan sistematika penulisan surat lamaran 3, 4 3 Surat Lamaran Menganalisis kebahasaan surat lamaran 5, 6 4 Surat Lamaran Menentukan lampiran surat lamaran 7 5 Surat Lamaran Memperbaiki kesalahan dalam surat lamaran 8, 9 6 Teks Editorial Mengidentifikasi pengertian dan tujuan editorial 10 7 Teks Editorial Menganalisis struktur teks editorial 11, 12 8 Teks Editorial Mengidentifikasi kaidah kebahasaan editorial 13, 14 9 Teks Editorial Menentukan opini dalam teks editorial 15, 16 10 Teks Editorial Menganalisis fakta dan opini 17 11 Cerita Sejarah Mengidentifikasi ciri-ciri teks cerita sejarah 18, 19 12 Cerita Sejarah Menganalisis struktur teks cerita sejarah 20, 21 13 Cerita Sejarah Mengidentifikasi kaidah kebahasaan cerita sejarah 22, 23 14 Cerita Sejarah Membedakan cerita sejarah fiksi dan nonfiksi 24 15 Cerita Sejarah Menentukan nilai-nilai dalam cerita sejarah 25 SOAL PILIHAN GANDA MATERI: SURAT LAMARAN PEKERJAAN 1. Bagian pembuka surat lamaran pekerjaan yang berisi informasi tentang sumber lowongan pekerjaan disebut... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Lampiran Jawaban: B 2. Perhatikan bagian surat lamaran berikut! "Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama: Ahmad Fauzi Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 15 Mei 2003" Bagian surat lamaran tersebut termasuk struktur... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Tempat dan tanggal Jawaban: C 3. Penulisan salam pembuka yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. Dengan hormat; B. Dengan Hormat, C. Dengan hormat, D. DENGAN HORMAT, E. dengan hormat, Jawaban: C 4. Kalimat pembuka surat lamaran yang benar berdasarkan iklan lowongan kerja adalah... A. Berdasarkan iklan yang saya baca di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 B. Sehubungan dengan iklan Bapak/Ibu di harian Kompas, 20 Oktober 2025 C. Menurut iklan yang dimuat di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 D. Sesuai dengan iklan yang ada di harian Kompas pada tanggal 20 Oktober 2025 E. Berkenaan dengan iklan yang termuat dalam harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 Jawaban: E 5. Ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah... A. Menggunakan bahasa santai dan akrab B. Menggunakan bahasa baku dan formal C. Menggunakan bahasa kiasan dan majas D. Menggunakan bahasa daerah E. Menggunakan bahasa gaul Jawaban: B 6. Perhatikan kalimat berikut! "Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin." Kalimat tersebut terdapat dalam bagian... A. Pembuka surat B. Isi surat C. Penutup surat D. Lampiran E. Kepala surat Jawaban: C 7. Dokumen yang biasanya dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. KTP, SIM, dan Kartu Keluarga B. Ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat C. BPJS, rekening bank, dan NPWP D. Akta kelahiran dan surat nikah E. Paspor dan visa Jawaban: B 8. Penulisan lampiran yang benar dalam surat lamaran adalah... A. Lampiran : 5 (lima) lembar B. Lampiran: 5 lembar C. Lampiran : Lima lembar D. LAMPIRAN: 5 LEMBAR E. Lampiran: lima (5) lembar Jawaban: A 9. Kalimat yang tidak efektif dalam surat lamaran adalah... A. Saya lulusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia B. Saya menguasai Microsoft Office dan bahasa Inggris C. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu D. Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya E. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih Jawaban: C (mengandung kata mubazir "untuk") MATERI: TEKS EDITORIAL 10. Teks editorial adalah... A. Artikel yang berisi berita terkini B. Opini redaksi media massa terhadap peristiwa aktual C. Cerita fiksi yang dimuat di surat kabar D. Iklan yang dipasang di media massa E. Laporan perjalanan wartawan Jawaban: B 11. Struktur teks editorial yang tepat adalah... A. Orientasi - komplikasi - resolusi B. Pernyataan umum - aspek yang dilaporkan C. Pengenalan isu - argumentasi - penegasan D. Abstrak - orientasi - krisis - reaksi - koda E. Tesis - argumentasi - kesimpulan Jawaban: C 12. Bagian teks editorial yang berisi pendapat redaksi dengan data dan fakta pendukung disebut... A. Pengenalan isu B. Argumentasi C. Penegasan D. Kesimpulan E. Orientasi Jawaban: B 13. Kaidah kebahasaan teks editorial yang dominan adalah... A. Menggunakan kalimat imperatif B. Menggunakan konjungsi temporal C. Menggunakan kata kerja material D. Menggunakan konjungsi kausalitas E. Menggunakan kata sifat deskriptif Jawaban: D 14. Contoh konjungsi yang sering digunakan dalam teks editorial adalah... A. Kemudian, lalu, selanjutnya B. Karena, sebab, oleh karena itu C. Di, ke, dari D. Dan, atau, tetapi E. Bahwa, yang, untuk Jawaban: B 15. Perhatikan kutipan berikut! "Pemerintah seharusnya lebih tegas dalam menindak para pelanggar protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir." Kutipan tersebut merupakan... A. Fakta B. Opini C. Berita D. Narasi E. Deskripsi Jawaban: B 16. Tujuan penulisan teks editorial adalah... A. Menghibur pembaca B. Memberitakan peristiwa terkini C. Memengaruhi opini publik terhadap suatu isu D. Menceritakan pengalaman pribadi E. Mempromosikan produk Jawaban: C 17. Perhatikan kalimat berikut! "Tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 7,5% pada tahun 2024." Kalimat tersebut termasuk... A. Opini penulis B. Fakta yang dapat diverifikasi C. Pendapat redaksi D. Argumen yang diperdebatkan E. Rekomendasi kebijakan Jawaban: B MATERI: TEKS CERITA SEJARAH 18. Ciri utama teks cerita sejarah adalah... A. Bersifat imajinatif dan fiktif B. Mengisahkan peristiwa masa lalu berdasarkan fakta C. Berisi opini pribadi penulis D. Menggunakan bahasa persuasif E. Bertujuan menghibur semata Jawaban: B 19. Teks cerita sejarah berfungsi untuk... A. Mengkritik pemerintah B. Mempromosikan pariwisata C. Memberikan pembelajaran dan inspirasi dari masa lalu D. Menghibur pembaca dengan cerita lucu E. Menjual buku sejarah Jawaban: C 20. Struktur teks cerita sejarah yang benar adalah... A. Tesis - argumen - kesimpulan B. Orientasi - urutan peristiwa - reorientasi C. Pembukaan - isi - penutup D. Pengenalan - konflik - penyelesaian E. Abstraksi - orientasi - krisis - koda Jawaban: B 21. Bagian orientasi dalam teks cerita sejarah berisi... A. Urutan peristiwa sejarah B. Pengenalan tokoh, waktu, dan tempat C. Kesimpulan cerita D. Konflik yang terjadi E. Pesan moral Jawaban: B 22. Kaidah kebahasaan yang dominan dalam teks cerita sejarah adalah... A. Menggunakan kata kerja tingkah laku B. Menggunakan kalimat imperatif C. Menggunakan konjungsi temporal D. Menggunakan kata kerja pasif E. Menggunakan majas hiperbola Jawaban: C 23. Contoh konjungsi temporal dalam cerita sejarah adalah... A. Oleh karena itu, maka, sehingga B. Pada saat itu, kemudian, setelah itu C. Akan tetapi, namun, sedangkan D. Dengan demikian, jadi, akibatnya E. Jika, apabila, seandainya Jawaban: B 24. Perbedaan cerita sejarah fiksi dan nonfiksi terletak pada... A. Penggunaan bahasa B. Struktur teks C. Kebenaran fakta dan penambahan unsur imajinatif D. Panjang cerita E. Tokoh yang dimunculkan Jawaban: C 25. Nilai yang dapat diambil dari teks cerita sejarah adalah... A. Nilai ekonomi B. Nilai hiburan semata C. Nilai moral dan nasionalisme D. Nilai komersial E. Nilai estetika saja Jawaban: C KUNCI JAWABAN B | 6. C | 11. C | 16. C | 21. B C | 7. B | 12. B | 17. B | 22. C C | 8. A | 13. D | 18. B | 23. B E | 9. C | 14. B | 19. C | 24. C B | 10. B | 15. B | 20. B | 25. C Catatan: Soal ini dirancang sesuai dengan kurikulum Bahasa Indonesia kelas XII Tingkat kesulitan soal bervariasi dari mudah hingga sedang Setiap materi terwakili secara proporsional Soal dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran lengkapi soal di atas dengan soal literasi KISI-KISI DAN SOAL PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA KELAS XII (Dilengkapi dengan Soal Literasi) KISI-KISI SOAL No Materi Indikator No Soal 1 Surat Lamaran Mengidentifikasi struktur surat lamaran 1, 2 2 Surat Lamaran Menentukan sistematika penulisan surat lamaran 3, 4 3 Surat Lamaran Menganalisis kebahasaan surat lamaran 5, 6 4 Surat Lamaran Menentukan lampiran surat lamaran 7 5 Surat Lamaran Memperbaiki kesalahan dalam surat lamaran 8, 9 6 Literasi Surat Lamaran Menganalisis isi surat lamaran 10 7 Teks Editorial Mengidentifikasi pengertian dan tujuan editorial 11 8 Teks Editorial Menganalisis struktur teks editorial 12, 13 9 Teks Editorial Mengidentifikasi kaidah kebahasaan editorial 14, 15 10 Teks Editorial Menentukan opini dalam teks editorial 16, 17 11 Literasi Teks Editorial Menganalisis isi teks editorial 18, 19, 20 12 Cerita Sejarah Mengidentifikasi ciri-ciri teks cerita sejarah 21, 22 13 Cerita Sejarah Menganalisis struktur teks cerita sejarah 23, 24 14 Cerita Sejarah Mengidentifikasi kaidah kebahasaan cerita sejarah 25, 26 15 Cerita Sejarah Membedakan cerita sejarah fiksi dan nonfiksi 27 16 Literasi Cerita Sejarah Menganalisis isi cerita sejarah 28, 29, 30 SOAL PILIHAN GANDA MATERI: SURAT LAMARAN PEKERJAAN 1. Bagian pembuka surat lamaran pekerjaan yang berisi informasi tentang sumber lowongan pekerjaan disebut... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Lampiran Jawaban: B 2. Perhatikan bagian surat lamaran berikut! "Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama: Ahmad Fauzi Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 15 Mei 2003" Bagian surat lamaran tersebut termasuk struktur... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Tempat dan tanggal Jawaban: C 3. Penulisan salam pembuka yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. Dengan hormat; B. Dengan Hormat, C. Dengan hormat, D. DENGAN HORMAT, E. dengan hormat, Jawaban: C 4. Kalimat pembuka surat lamaran yang benar berdasarkan iklan lowongan kerja adalah... A. Berdasarkan iklan yang saya baca di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 B. Sehubungan dengan iklan Bapak/Ibu di harian Kompas, 20 Oktober 2025 C. Menurut iklan yang dimuat di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 D. Sesuai dengan iklan yang ada di harian Kompas pada tanggal 20 Oktober 2025 E. Berkenaan dengan iklan yang termuat dalam harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 Jawaban: E 5. Ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah... A. Menggunakan bahasa santai dan akrab B. Menggunakan bahasa baku dan formal C. Menggunakan bahasa kiasan dan majas D. Menggunakan bahasa daerah E. Menggunakan bahasa gaul Jawaban: B 6. Perhatikan kalimat berikut! "Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin." Kalimat tersebut terdapat dalam bagian... A. Pembuka surat B. Isi surat C. Penutup surat D. Lampiran E. Kepala surat Jawaban: C 7. Dokumen yang biasanya dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. KTP, SIM, dan Kartu Keluarga B. Ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat C. BPJS, rekening bank, dan NPWP D. Akta kelahiran dan surat nikah E. Paspor dan visa Jawaban: B 8. Penulisan lampiran yang benar dalam surat lamaran adalah... A. Lampiran : 5 (lima) lembar B. Lampiran: 5 lembar C. Lampiran : Lima lembar D. LAMPIRAN: 5 LEMBAR E. Lampiran: lima (5) lembar Jawaban: A 9. Kalimat yang tidak efektif dalam surat lamaran adalah... A. Saya lulusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia B. Saya menguasai Microsoft Office dan bahasa Inggris C. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu D. Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya E. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih Jawaban: C (mengandung kata mubazir "untuk") SOAL LITERASI: SURAT LAMARAN PEKERJAAN Bacalah surat lamaran berikut untuk menjawab soal nomor 10! Bandung, 25 Oktober 2025 Hal: Lamaran Pekerjaan Lampiran: 5 (lima) lembar Yth. Manajer HRD PT Maju Bersama Jalan Sudirman No. 45 Jakarta Pusat Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari situs resmi perusahaan Bapak/Ibu pada tanggal 20 Oktober 2025, saya bermaksud mengajukan lamaran sebagai Staff Marketing di PT Maju Bersama. Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama: Rina Wahyuni Tempat, tanggal lahir: Bandung, 12 Maret 2002 Pendidikan: S1 Manajemen Pemasaran Alamat: Jalan Cihampelas No. 78, Bandung Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang marketing selama 2 tahun dan menguasai digital marketing, analisis pasar, serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik. Saya adalah pribadi yang kreatif, pekerja keras, dan mampu bekerja dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan: Fotokopi ijazah dan transkrip nilai Daftar riwayat hidup Fotokopi KTP Pas foto 4x6 (2 lembar) Sertifikat pelatihan digital marketing Besar harapan saya dapat diterima sebagai bagian dari tim PT Maju Bersama. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih. Hormat saya, Rina Wahyuni 10. Berdasarkan surat lamaran di atas, keunggulan pelamar yang paling menonjol adalah... A. Memiliki pengalaman kerja dan menguasai digital marketing B. Lulusan S1 dari universitas ternama C. Berdomisili di Bandung D. Memiliki banyak sertifikat pelatihan E. Mampu menulis surat lamaran dengan baik Jawaban: A MATERI: TEKS EDITORIAL 11. Teks editorial adalah... A. Artikel yang berisi berita terkini B. Opini redaksi media massa terhadap peristiwa aktual C. Cerita fiksi yang dimuat di surat kabar D. Iklan yang dipasang di media massa E. Laporan perjalanan wartawan Jawaban: B 12. Struktur teks editorial yang tepat adalah... A. Orientasi - komplikasi - resolusi B. Pernyataan umum - aspek yang dilaporkan C. Pengenalan isu - argumentasi - penegasan D. Abstrak - orientasi - krisis - reaksi - koda E. Tesis - argumentasi - kesimpulan Jawaban: C 13. Bagian teks editorial yang berisi pendapat redaksi dengan data dan fakta pendukung disebut... A. Pengenalan isu B. Argumentasi C. Penegasan D. Kesimpulan E. Orientasi Jawaban: B 14. Kaidah kebahasaan teks editorial yang dominan adalah... A. Menggunakan kalimat imperatif B. Menggunakan konjungsi temporal C. Menggunakan kata kerja material D. Menggunakan konjungsi kausalitas E. Menggunakan kata sifat deskriptif Jawaban: D 15. Contoh konjungsi yang sering digunakan dalam teks editorial adalah... A. Kemudian, lalu, selanjutnya B. Karena, sebab, oleh karena itu C. Di, ke, dari D. Dan, atau, tetapi E. Bahwa, yang, untuk Jawaban: B 16. Perhatikan kutipan berikut! "Pemerintah seharusnya lebih tegas dalam menindak para pelanggar protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir." Kutipan tersebut merupakan... A. Fakta B. Opini C. Berita D. Narasi E. Deskripsi Jawaban: B 17. Tujuan penulisan teks editorial adalah... A. Menghibur pembaca B. Memberitakan peristiwa terkini C. Memengaruhi opini publik terhadap suatu isu D. Menceritakan pengalaman pribadi E. Mempromosikan produk Jawaban: C SOAL LITERASI: TEKS EDITORIAL Bacalah teks editorial berikut untuk menjawab soal nomor 18-20! Mengatasi Krisis Air Bersih di Perkotaan Krisis air bersih menjadi permasalahan serius yang dihadapi banyak kota besar di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2024, sekitar 35% penduduk perkotaan masih kesulitan mendapatkan akses air bersih. Kondisi ini diperparah oleh pencemaran sumber air akibat limbah industri dan domestik yang tidak terkelola dengan baik. Pemerintah daerah harus segera mengambil langkah konkret untuk mengatasi masalah ini. Pertama, perlu dilakukan penegakan hukum yang tegas terhadap industri yang membuang limbah sembarangan. Data menunjukkan bahwa 60% pencemaran air berasal dari limbah industri yang tidak diolah. Kedua, pemerintah harus meningkatkan infrastruktur pengolahan air bersih dan memperluas jaringan distribusi ke daerah-daerah yang belum terjangkau. Selain itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sumber air juga perlu ditingkatkan melalui kampanye dan edukasi. Tanpa partisipasi aktif masyarakat, upaya pemerintah tidak akan maksimal. Krisis air bersih bukan hanya masalah teknis, tetapi juga masalah kesehatan publik yang dapat memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, penanganan masalah ini harus menjadi prioritas utama. Jika dibiarkan berlarut-larut, dampaknya akan sangat merugikan, terutama bagi generasi mendatang. Sudah saatnya semua pihak bersatu mengatasi krisis air bersih demi kehidupan yang lebih baik. 18. Isu utama yang dibahas dalam teks editorial di atas adalah... A. Pencemaran lingkungan oleh industri B. Krisis air bersih di perkotaan C. Kesadaran masyarakat yang rendah D. Infrastruktur yang tidak memadai E. Penyakit akibat air kotor Jawaban: B 19. Kalimat yang merupakan fakta dalam teks editorial tersebut adalah... A. Pemerintah daerah harus segera mengambil langkah konkret B. Sekitar 35% penduduk perkotaan masih kesulitan mendapatkan akses air bersih C. Kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan melalui kampanye D. Sudah saatnya semua pihak bersatu mengatasi krisis air bersih E. Penanganan masalah ini harus menjadi prioritas utama Jawaban: B 20. Solusi yang ditawarkan redaksi untuk mengatasi krisis air bersih adalah... A. Memindahkan industri ke luar kota B. Mengurangi konsumsi air masyarakat C. Penegakan hukum, peningkatan infrastruktur, dan edukasi masyarakat D. Mengimpor air bersih dari negara lain E. Menutup semua pabrik yang mencemari air Jawaban: C MATERI: TEKS CERITA SEJARAH 21. Ciri utama teks cerita sejarah adalah... A. Bersifat imajinatif dan fiktif B. Mengisahkan peristiwa masa lalu berdasarkan fakta C. Berisi opini pribadi penulis D. Menggunakan bahasa persuasif E. Bertujuan menghibur semata Jawaban: B 22. Teks cerita sejarah berfungsi untuk... A. Mengkritik pemerintah B. Mempromosikan pariwisata C. Memberikan pembelajaran dan inspirasi dari masa lalu D. Menghibur pembaca dengan cerita lucu E. Menjual buku sejarah Jawaban: C 23. Struktur teks cerita sejarah yang benar adalah... A. Tesis - argumen - kesimpulan B. Orientasi - urutan peristiwa - reorientasi C. Pembukaan - isi - penutup D. Pengenalan - konflik - penyelesaian E. Abstraksi - orientasi - krisis - koda Jawaban: B 24. Bagian orientasi dalam teks cerita sejarah berisi... A. Urutan peristiwa sejarah B. Pengenalan tokoh, waktu, dan tempat C. Kesimpulan cerita D. Konflik yang terjadi E. Pesan moral Jawaban: B 25. Kaidah kebahasaan yang dominan dalam teks cerita sejarah adalah... A. Menggunakan kata kerja tingkah laku B. Menggunakan kalimat imperatif C. Menggunakan konjungsi temporal D. Menggunakan kata kerja pasif E. Menggunakan majas hiperbola Jawaban: C 26. Contoh konjungsi temporal dalam cerita sejarah adalah... A. Oleh karena itu, maka, sehingga B. Pada saat itu, kemudian, setelah itu C. Akan tetapi, namun, sedangkan D. Dengan demikian, jadi, akibatnya E. Jika, apabila, seandainya Jawaban: B 27. Perbedaan cerita sejarah fiksi dan nonfiksi terletak pada... A. Penggunaan bahasa B. Struktur teks C. Kebenaran fakta dan penambahan unsur imajinatif D. Panjang cerita E. Tokoh yang dimunculkan Jawaban: C SOAL LITERASI: TEKS CERITA SEJARAH Bacalah teks cerita sejarah berikut untuk menjawab soal nomor 28-30! Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini melibatkan arek-arek Surabaya dan tentara Indonesia melawan pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Inggris. Konflik bermula ketika Brigadir Jenderal Mallaby tewas dalam insiden di Jembatan Merah pada 30 Oktober 1945. Peristiwa ini membuat Inggris marah dan mengeluarkan ultimatum agar seluruh senjata rakyat diserahkan. Pada tanggal 9 November 1945, Inggris memberikan ultimatum kepada rakyat Surabaya untuk menyerahkan senjata dan meninggalkan kota. Namun, ultimatum ini ditolak mentah-mentah oleh rakyat Surabaya. Mereka memilih untuk bertempur mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang baru saja diproklamasikan. Keesokan harinya, tanggal 10 November 1945, pertempuran dahsyat pun pecah. Pasukan Inggris yang dilengkapi dengan persenjataan modern seperti tank, pesawat tempur, dan kapal perang menghujani kota Surabaya dengan tembakan. Namun, rakyat Surabaya tidak gentar. Mereka bertempur dengan senjata seadanya, bahkan ada yang menggunakan bambu runcing. Pertempuran berlangsung selama tiga minggu. Ribuan pejuang gugur dalam pertempuran ini, termasuk tokoh-tokoh penting seperti Bung Tomo yang menjadi simbol perlawanan dengan orasi-orasi semangat yang menggerakkan rakyat untuk terus bertempur. Meskipun akhirnya Surabaya dikuasai Sekutu, semangat juang rakyat Surabaya menginspirasi perjuangan kemerdekaan di seluruh Indonesia. Untuk mengenang jasa para pahlawan, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Pertempuran Surabaya menjadi bukti bahwa rakyat Indonesia rela mengorbankan jiwa dan raga demi mempertahankan kemerdekaan. 28. Tokoh yang disebutkan dalam teks sebagai simbol perlawanan rakyat Surabaya adalah... A. Brigadir Jenderal Mallaby B. Bung Tomo C. Jenderal Sudirman D. Soekarno E. Mohammad Hatta Jawaban: B 29. Berdasarkan teks, penyebab terjadinya Pertempuran Surabaya adalah... A. Rakyat Surabaya menyerang markas Sekutu terlebih dahulu B. Inggris ingin menguasai kota Surabaya C. Tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby dan penolakan ultimatum Inggris D. Proklamasi kemerdekaan Indonesia E. Persenjataan rakyat yang mengancam Sekutu Jawaban: C 30. Nilai yang dapat diteladani dari Pertempuran Surabaya adalah... A. Keberanian menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah B. Semangat rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan C. Pentingnya memiliki senjata modern dalam perang D. Lebih baik menyerah daripada bertempur E. Kemenangan adalah segalanya dalam peperangan Jawaban: B KUNCI JAWABAN LENGKAP No Jawaban No Jawaban No Jawaban 1 B 11 B 21 B 2 C 12 C 22 C 3 C 13 B 23 B 4 E 14 D 24 B 5 B 15 B 25 C 6 C 16 B 26 B 7 B 17 C 27 C 8 A 18 B 28 B 9 C 19 B 29 C 10 A 20 C 30 B DISTRIBUSI SOAL Surat Lamaran Pekerjaan: 10 soal (nomor 1-10) Teori: 9 soal Literasi: 1 soal Teks Editorial: 10 soal (nomor 11-20) Teori: 7 soal Literasi: 3 soal Teks Cerita Sejarah: 10 soal (nomor 21-30) Teori: 7 soal Literasi: 3 soal Total: 30 soal (23 soal teori + 7 soal literasi) Catatan Penggunaan: Soal literasi dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan menyimpulkan informasi dari teks autentik Setiap soal literasi dilengkapi dengan teks stimulus yang relevan dengan materi Tingkat kesulitan soal disesuaikan dengan jenjang kelas XII Soal dapat digunakan untuk ulangan harian, PTS, atau PAS soal literasi di atas sebanyak 3 nomor masing-masing topik Anda benar! Saya akan menambahkan soal literasi menjadi 5 nomor untuk setiap topik agar lebih komprehensif. Berikut soal yang sudah dilengkapi: KISI-KISI DAN SOAL PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA KELAS XII (Dengan Soal Literasi Lengkap - 5 Nomor Per Topik) KISI-KISI SOAL No Materi Indikator No Soal 1 Surat Lamaran Mengidentifikasi struktur surat lamaran 1, 2 2 Surat Lamaran Menentukan sistematika penulisan surat lamaran 3, 4 3 Surat Lamaran Menganalisis kebahasaan surat lamaran 5, 6 4 Surat Lamaran Menentukan lampiran surat lamaran 7 5 Literasi Surat Lamaran Menganalisis isi dan kesalahan surat lamaran 8, 9, 10, 11, 12 6 Teks Editorial Mengidentifikasi pengertian dan tujuan editorial 13 7 Teks Editorial Menganalisis struktur teks editorial 14, 15 8 Teks Editorial Mengidentifikasi kaidah kebahasaan editorial 16 9 Literasi Teks Editorial Menganalisis isu, argumen, dan solusi editorial 17, 18, 19, 20, 21 10 Cerita Sejarah Mengidentifikasi ciri-ciri teks cerita sejarah 22, 23 11 Cerita Sejarah Menganalisis struktur teks cerita sejarah 24 12 Cerita Sejarah Mengidentifikasi kaidah kebahasaan cerita sejarah 25, 26 13 Literasi Cerita Sejarah Menganalisis tokoh, peristiwa, dan nilai sejarah 27, 28, 29, 30, 31 SOAL PILIHAN GANDA MATERI: SURAT LAMARAN PEKERJAAN 1. Bagian pembuka surat lamaran pekerjaan yang berisi informasi tentang sumber lowongan pekerjaan disebut... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Lampiran Jawaban: B 2. Perhatikan bagian surat lamaran berikut! "Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama: Ahmad Fauzi Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 15 Mei 2003" Bagian surat lamaran tersebut termasuk struktur... A. Kepala surat B. Pembuka C. Isi D. Penutup E. Tempat dan tanggal Jawaban: C 3. Penulisan salam pembuka yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. Dengan hormat; B. Dengan Hormat, C. Dengan hormat, D. DENGAN HORMAT, E. dengan hormat, Jawaban: C 4. Kalimat pembuka surat lamaran yang benar berdasarkan iklan lowongan kerja adalah... A. Berdasarkan iklan yang saya baca di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 B. Sehubungan dengan iklan Bapak/Ibu di harian Kompas, 20 Oktober 2025 C. Menurut iklan yang dimuat di harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 D. Sesuai dengan iklan yang ada di harian Kompas pada tanggal 20 Oktober 2025 E. Berkenaan dengan iklan yang termuat dalam harian Kompas tanggal 20 Oktober 2025 Jawaban: E 5. Ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah... A. Menggunakan bahasa santai dan akrab B. Menggunakan bahasa baku dan formal C. Menggunakan bahasa kiasan dan majas D. Menggunakan bahasa daerah E. Menggunakan bahasa gaul Jawaban: B 6. Perhatikan kalimat berikut! "Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin." Kalimat tersebut terdapat dalam bagian... A. Pembuka surat B. Isi surat C. Penutup surat D. Lampiran E. Kepala surat Jawaban: C 7. Dokumen yang biasanya dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah... A. KTP, SIM, dan Kartu Keluarga B. Ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat C. BPJS, rekening bank, dan NPWP D. Akta kelahiran dan surat nikah E. Paspor dan visa Jawaban: B SOAL LITERASI: SURAT LAMARAN PEKERJAAN Bacalah surat lamaran berikut untuk menjawab soal nomor 8-12! Surabaya, 28 Oktober 2025 Hal: Lamaran Pekerjaan Lampiran: Lima lembar Kepada Yth. Bapak Pimpinan PT Teknologi Nusantara Di Jalan Pemuda No. 123 Jakarta dengan hormat, Sehubungan dengan iklan lowongan kerja yang saya baca di websiteJobStreet tanggal 25 Oktober 2025, dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai Web Developer di perusahaan yang Bapak pimpin. Data diri saya adalah sebagai berikut: Nama: Dimas Prasetyo Tempat/Tanggal Lahir: Surabaya, 5 April 2001 Pendidikan Terakhir: S1 Teknik Informatika Alamat: Jl. Raya Darmo No. 56, Surabaya No. HP: 081234567890 Email: dimas.prasetyo@email.com Saya memiliki pengalaman sebagai Web Developer selama 3 tahun di PT Digital Kreatif. Saya menguasai bahasa pemrograman PHP, JavaScript, Python, dan framework Laravel. Saya juga memiliki kemampuan dalam database management dan UI/UX design. Saya adalah pribadi yang bertanggung jawab, dapat bekerja dalam tim maupun individu, serta siap bekerja di bawah tekanan. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama surat ini saya lampirkan: Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir Curriculum Vitae Fotokopi KTP Pas foto terbaru ukuran 4x6 (3 lembar) Sertifikat pelatihan dan portofolio project Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya, Dimas Prasetyo 8. Kesalahan penulisan dalam surat lamaran di atas terdapat pada bagian... A. Penulisan tempat dan tanggal surat B. Penulisan hal dan lampiran C. Penulisan alamat tujuan dan salam pembuka D. Penulisan data diri E. Penulisan penutup surat Jawaban: C (Penulisan "Di Jalan" seharusnya tanpa huruf kapital di kata "di", dan "dengan hormat" seharusnya huruf kapital di awal "Dengan hormat,") 9. Berdasarkan surat lamaran tersebut, kompetensi utama yang dimiliki pelamar adalah... A. Kemampuan berbahasa asing dan komunikasi B. Pengalaman kerja dan penguasaan teknologi pemrograman C. Kemampuan manajemen dan kepemimpinan D. Keahlian dalam bidang marketing dan sales E. Kemampuan desain grafis dan multimedia Jawaban: B 10. Kalimat yang tidak efektif dalam surat lamaran tersebut adalah... A. "Sehubungan dengan iklan lowongan kerja yang saya baca di website JobStreet" B. "dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai Web Developer" C. "di perusahaan yang Bapak pimpin" D. "Saya memiliki pengalaman sebagai Web Developer selama 3 tahun" E. "Demikian surat lamaran ini saya buat" Jawaban: C (frasa "di perusahaan yang Bapak pimpin" kurang efektif, lebih baik "di perusahaan Bapak" atau "di PT Teknologi Nusantara") 11. Informasi yang TIDAK disebutkan dalam surat lamaran di atas adalah... A. Sumber informasi lowongan pekerjaan B. Posisi yang dilamar C. Pengalaman kerja pelamar D. Gaji yang diharapkan E. Keahlian yang dikuasai Jawaban: D 12. Penulisan lampiran yang benar seharusnya adalah... A. Lampiran: Lima lembar B. Lampiran: 5 lembar C. Lampiran : 5 (lima) lembar D. Lampiran: lima (5) lembar E. LAMPIRAN: 5 LEMBAR Jawaban: C MATERI: TEKS EDITORIAL 13. Teks editorial adalah... A. Artikel yang berisi berita terkini B. Opini redaksi media massa terhadap peristiwa aktual C. Cerita fiksi yang dimuat di surat kabar D. Iklan yang dipasang di media massa E. Laporan perjalanan wartawan Jawaban: B 14. Struktur teks editorial yang tepat adalah... A. Orientasi - komplikasi - resolusi B. Pernyataan umum - aspek yang dilaporkan C. Pengenalan isu - argumentasi - penegasan D. Abstrak - orientasi - krisis - reaksi - koda E. Tesis - argumentasi - kesimpulan Jawaban: C 15. Bagian teks editorial yang berisi pendapat redaksi dengan data dan fakta pendukung disebut... A. Pengenalan isu B. Argumentasi C. Penegasan D. Kesimpulan E. Orientasi Jawaban: B 16. Kaidah kebahasaan teks editorial yang dominan adalah... A. Menggunakan kalimat imperatif B. Menggunakan konjungsi temporal C. Menggunakan kata kerja material D. Menggunakan konjungsi kausalitas E. Menggunakan kata sifat deskriptif Jawaban: D SOAL LITERASI: TEKS EDITORIAL Bacalah teks editorial berikut untuk menjawab soal nomor 17-21! Pendidikan Karakter: Urgensi yang Terabaikan Kasus perundungan (bullying) di sekolah kembali mencuat ke permukaan. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa pada tahun 2024 terdapat peningkatan kasus perundungan sebesar 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 1.500 kasus yang dilaporkan, 65% terjadi di lingkungan sekolah. Fakta ini menunjukkan bahwa ada yang salah dalam sistem pendidikan kita. Perundungan bukan sekadar masalah antar-siswa, tetapi cerminan dari lemahnya pendidikan karakter di sekolah. Selama ini, sistem pendidikan terlalu fokus pada aspek kognitif dan mengabaikan pembentukan karakter. Siswa dituntut untuk mengejar nilai tinggi, tetapi tidak diajarkan untuk menjadi manusia yang berempati, toleran, dan menghargai sesama. Pemerintah sebenarnya telah meluncurkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sejak tahun 2017. Namun, implementasinya masih setengah hati. Banyak sekolah yang menjalankan program ini hanya sebagai formalitas tanpa benar-benar mengintegrasikannya dalam pembelajaran sehari-hari. Akibatnya, pendidikan karakter hanya menjadi slogan tanpa makna. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan komitmen serius dari semua pihak. Pertama, pemerintah harus memastikan bahwa kurikulum pendidikan karakter tidak hanya tertulis di atas kertas, tetapi benar-benar diterapkan di sekolah. Kedua, guru perlu mendapat pelatihan khusus tentang cara mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Ketiga, orang tua harus terlibat aktif dalam pendidikan karakter anak, karena pembentukan karakter dimulai dari rumah. Pendidikan tanpa karakter hanya akan menghasilkan generasi yang cerdas tetapi tidak beradab. Sudah saatnya kita mengembalikan pendidikan pada hakikatnya, yaitu membentuk manusia seutuhnya yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki karakter mulia. Jika tidak, kasus-kasus perundungan dan degradasi moral akan terus berulang dan merusak masa depan bangsa. 17. Isu utama yang diangkat dalam teks editorial tersebut adalah... A. Kurikulum pendidikan yang terlalu padat B. Peningkatan kasus perundungan akibat lemahnya pendidikan karakter C. Peran orang tua dalam pendidikan anak D. Program Penguatan Pendidikan Karakter E. Sistem penilaian yang hanya fokus pada kognitif Jawaban: B 18. Kalimat yang merupakan fakta dalam teks editorial di atas adalah... A. Perundungan bukan sekadar masalah antar-siswa B. Pada tahun 2024 terdapat peningkatan kasus perundungan sebesar 40% C. Sistem pendidikan terlalu fokus pada aspek kognitif D. Pendidikan tanpa karakter hanya akan menghasilkan generasi yang tidak beradab E. Implementasi PPK masih setengah hati Jawaban: B 19. Sikap redaksi terhadap implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter adalah... A. Sangat mendukung dan mengapresiasi B. Netral dan objektif C. Kritis karena implementasinya kurang maksimal D. Menolak program tersebut E. Tidak peduli dengan program tersebut Jawaban: C 20. Solusi yang ditawarkan redaksi untuk mengatasi masalah perundungan adalah... A. Menghapus sistem ujian nasional B. Menambah jam pelajaran pendidikan karakter C. Implementasi kurikulum, pelatihan guru, dan keterlibatan orang tua D. Memberikan hukuman berat kepada pelaku perundungan E. Menutup sekolah yang memiliki kasus perundungan Jawaban: C 21. Konjungsi kausalitas yang terdapat dalam teks editorial tersebut adalah... A. Selama ini, sejak tahun 2017 B. Pertama, kedua, ketiga C. Tetapi, namun, akibatnya D. Dan, serta, atau E. Yang, untuk, dalam Jawaban: C (Kata "akibatnya" adalah konjungsi kausalitas) MATERI: TEKS CERITA SEJARAH 22. Ciri utama teks cerita sejarah adalah... A. Bersifat imajinatif dan fiktif B. Mengisahkan peristiwa masa lalu berdasarkan fakta C. Berisi opini pribadi penulis D. Menggunakan bahasa persuasif E. Bertujuan menghibur semata Jawaban: B 23. Teks cerita sejarah berfungsi untuk... A. Mengkritik pemerintah B. Mempromosikan pariwisata C. Memberikan pembelajaran dan inspirasi dari masa lalu D. Menghibur pembaca dengan cerita lucu E. Menjual buku sejarah Jawaban: C 24. Struktur teks cerita sejarah yang benar adalah... A. Tesis - argumen - kesimpulan B. Orientasi - urutan peristiwa - reorientasi C. Pembukaan - isi - penutup D. Pengenalan - konflik - penyelesaian E. Abstraksi - orientasi - krisis - koda Jawaban: B 25. Kaidah kebahasaan yang dominan dalam teks cerita sejarah adalah... A. Menggunakan kata kerja tingkah laku B. Menggunakan kalimat imperatif C. Menggunakan konjungsi temporal D. Menggunakan kata kerja pasif E. Menggunakan majas hiperbola Jawaban: C 26. Contoh konjungsi temporal dalam cerita sejarah adalah... A. Oleh karena itu, maka, sehingga B. Pada saat itu, kemudian, setelah itu C. Akan tetapi, namun, sedangkan D. Dengan demikian, jadi, akibatnya E. Jika, apabila, seandainya Jawaban: B SOAL LITERASI: TEKS CERITA SEJARAH Bacalah teks cerita sejarah berikut untuk menjawab soal nomor 27-31! Sumpah Pemuda: Tonggak Persatuan Bangsa Tanggal 28 Oktober 1928 menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul di Batavia (sekarang Jakarta) untuk mengikuti Kongres Pemuda II. Kongres ini dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, Jong Batak, dan lain-lain. Mereka datang dengan latar belakang suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Kongres berlangsung di tiga tempat berbeda. Rapat pertama diselenggarakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Rapat ini dibuka oleh Soegondo Djojopuspito dan diisi dengan penjelasan tentang arti pentingnya persatuan. Muhammad Yamin dalam pidatonya menyampaikan pentingnya kesatuan bahasa, tanah air, dan kebudayaan dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Rapat kedua diadakan di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Pada rapat ini, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro menekankan bahwa pendidikan harus menanamkan semangat kebangsaan, bukan hanya transfer ilmu pengetahuan. Sementara itu, Soenario menegaskan pentingnya keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Rapat ketiga dan terakhir berlangsung di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Pada rapat penutup ini, dilakukan pemungutan suara untuk menyetujui rumusan Sumpah Pemuda yang telah dipersiapkan oleh panitia. Dengan suara bulat, para peserta kongres menyetujui tiga butir Sumpah Pemuda: bertanah air satu Indonesia, berbangsa satu Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Setelah pembacaan Sumpah Pemuda, W.R. Supratman memperdengarkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya. Lagu ini dimainkan dengan biola tanpa syair karena dikhawatirkan akan membuat Belanda curiga. Namun, alunan melodi yang megah itu berhasil menggetarkan hati seluruh peserta kongres dan membangkitkan semangat nasionalisme yang tinggi. Sumpah Pemuda menjadi momentum penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini membuktikan bahwa para pemuda Indonesia telah memiliki kesadaran berbangsa dan bertekad untuk bersatu mewujudkan Indonesia merdeka. Meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, mereka mampu mengesampingkan perbedaan dan melebur dalam satu identitas: Indonesia. Semangat persatuan inilah yang kemudian menjadi kekuatan besar dalam meraih kemerdekaan 17 tahun kemudian. 27. Tokoh yang memperdengarkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kali pada Kongres Pemuda II adalah... A. Muhammad Yamin B. Soegondo Djojopuspito C. W.R. Supratman D. Sarmidi Mangoensarkoro E. Soenario Jawaban: C 28. Urutan tempat berlangsungnya Kongres Pemuda II yang benar adalah... A. KJB - Oost-Java Bioscoop - Indonesische Clubgebouw B. Indonesische Clubgebouw - KJB - Oost-Java Bioscoop C. Oost-Java Bioscoop - KJB - Indonesische Clubgebouw D. KJB - Indonesische Clubgebouw - Oost-Java Bioscoop E. Oost-Java Bioscoop - Indonesische Clubgebouw - KJB Jawaban: A 29. Alasan lagu Indonesia Raya dimainkan tanpa syair pada Kongres Pemuda II adalah... A. Belum ada lirik untuk lagu tersebut B. Para peserta belum hafal liriknya C. Dikhawatirkan akan membuat Belanda curiga D. Suara W.R. Supratman kurang bagus E. Waktu kongres sudah habis Jawaban: C 30. Tema yang dibahas pada rapat kedua Kongres Pemuda II adalah... A. Pentingnya persatuan dan kesatuan B. Masalah pendidikan dan semangat kebangsaan C. Rumusan Sumpah Pemuda D. Strategi merebut kemerdekaan E. Pembentukan organisasi kepemudaan Jawaban: B 31. Nilai utama yang dapat diteladani dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah... A. Pentingnya memiliki organisasi kepemudaan B. Kemampuan mengesampingkan perbedaan demi persatuan bangsa C. Keberanian menentang penjajah D. Pentingnya pendidikan bagi pemuda E. Kemampuan bermain musik dengan baik Jawaban: B KUNCI JAWABAN LENGKAP No Jawaban No Jawaban No Jawaban No Jawaban 1 B 9 B 17 B 25 C 2 C 10 C 18 B 26 B 3 C 11 D 19 C 27 C 4 E 12 C 20 C 28 A 5 B 13 B 21 C 29 C 6 C 14 C 22 B 30 B 7 B 15 B 23 C 31 B 8 C 16 D 24 B DISTRIBUSI SOAL Surat Lamaran Pekerjaan: 12 soal (nomor 1-12) Teori: 7 soal (nomor 1-7) Literasi: 5 soal (nomor 8-12) ✓ Teks Editorial: 9 soal (nomor 13-21) Teori: 4 soal (nomor 13-16) Literasi: 5 soal (nomor 17-21) ✓ Teks Cerita Sejarah: 10 soal (nomor 22-31) Teori: 5 soal (nomor 22-26) Literasi: 5 soal (nomor 27-31) ✓ TOTAL: 31 soal Soal teori: 16 soal Soal literasi: 15 soal (5 nomor per topik) ✓ PEDOMAN PENSKORAN Setiap soal bernilai sama Nilai = (Jumlah jawaban benar / Total soal) × 100 Contoh: Benar 25 dari 31 soal = (25/31) × 100 = 80,6 Keterangan: ✓ Setiap materi memiliki 5 soal literasi dengan teks stimulus yang lengkap dan kontekstual Soal literasi mengukur kemampuan C4-C6 (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) Dapat digunakan untuk persiapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post